Bidang Keahlian Konsultan Manajemen Proyek

 


Bidang Keahlian Konsultan Manajemen Proyek- terlihat gambaran jenis dan bersyarat lingkup kegiatan KMP. Satu hal yang perlu ditekankan di sini bahwa Konsultan Manajemen Proyek adalah konsultan manajemen, yang didukung oleh disiplin  ilmu teknik dan administrasi yang diperlukan untuk tugas-tugas operasinya, yaitu memberikan jasa konsultasi yang berkaitan dengan proyek. Jadi, untuk Konsultan Manajemen Proyek di samping memiliki kriteria umum terdapat beberapa kriteria spesifik yang perlu dipenuhi oleh suatu perusahaan KMP Sebagai berikut :

• Menguasai ilmu manajemen, khususnya manajemen proyek. Suatu perusahaan yang bergerak dibidang KMP, hendaknya memiliki personil-personil dan tenaga ahli dengan komposisi sedemikian rupa, sehingga secara keseluruhan perusahaan tersebut menguasai aspek perencanaan, organisasi, kepemimpinan, pembentukan tim, dan pengendalian proyek, serta teknik dan metode yang bersangkutan.

• Memiliki keahlian dan kecakapan melaksanakan pengawasan dan pengendalian jadwal dan biaya (cost and schedule control), termasuk persiapan anggaran, jadwal induk, dan system laporan.
•  Menguasai dasar-dasar desain, engineering, dan arsitektur.
•  Memiliki pengetahuan segi praktis konstruksi di lapangan.
• Menguasai permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan inspeksi pada proyek manufaktur dan konstruksi.
•  Menguasai perangkat pendukung managemen information system.

Dilihat dari jumlah bidang dan disiplin ilmu yang harus dikuasai untuk memenuhi criteria  di atas, maka di perlukan jumlah besar tenaga ahli untuk memonitor, mengawasi, mengkaji hasil hasil perjaan konsultan professional, kontraktor atau kontraktor utama, dan manufacturer.  umumnya Konsultan Manajemen Proyek, seperti halnya perusahaan konsultan professional lainnya, memperkerjakan jumlah dan jenis tenaga ahli secara luwes, disesuaikan dengan naik turunnya permintaan jasa Konsultan Manajemen Proyek hanya mempersembahkan secara yang memiliki posisi kunci dan bersifat koordinatif.
Lebih baru Lebih lama