APA ITU TEKNIK SIPIL ?



Teknik Sipil adalah bidang studi ilmu terapan yang mempelajari teknik rancang bangun, pemeliharaan serta perbaikan bangunan. Bangunan yang dimaksud meliputi bangunan gedung bertingkat, bangunan air seperti waduk, bendungan, termasuk irigasi hingga bangunan lepas pantai, juga termasuk infrastuktur transportasi seperti jalan, jembatan bahkan bandara.


Lulusan sarjana Teknik Sipil biasanya dikenal masyarakat luas sebagai insinyur Sipil. Seorang Sarjana Teknik Sipil nantinya akan bertugas di tahap pertama membuat rancangan struktur bangunan secara lengkap agar dapat dijadikan acuan bagi pihak pelaksana (kontraktor) dilapangan.


Pada tahap kedua yang disebut tahap pembangunan atau konstruksi, seorang Sarjana Sipil bertugas mengawasi pelaksanaan pembangunan konstruksi bangunan sipil tersebut. Pada Sarjana Teknik Sipil bekerjasama dan berkoordinasi dengan tenaga ahli di bidang lain dan berbagai pihak yang berkepentingan.


Pada Tahap Lanjut, seorang ahli Teknik Sipil juga bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perbaikan konstruksi yang telah dibangun. Maka Sarjana Teknik Sipil harus dapat merencanakan dan melakukan perbaikan terhadap kerusakan struktur yang terjadi.


Pada prinsipnya ilmu yang akan diperdalam pada program studi Teknik Sipil ini adalah ilmu fisika, ilmu matematika, dan ilmu mekanika. Dalam perencanaan/mendesain nantinya akan diajarkan prinsip analisa yang dihitung secara manual (menggunakan kalkulator) ataupun dengan bantuan perangkat lunak (software) untuk membantu proses perhitungan. Dalam struktur kurikulumnya Sarjana Teknik Sipil akan ditempa sekitar 4 tahun dengan berbagai matakuliah yang berjumlah total 147 SKS. Matakuliah keahlian Teknik Sipil berisi ilmu-ilmu teknis untuk keperluan merancang, membangun dan memelihara struktur bangunan serta ilmu managemen konstruksi. Agar dilapangan nanti Sarjana Sipil dapat bekerja secara efisiektif dan efisien.

Lebih baru Lebih lama