Cara Menentukan Harga Jual Agar Cuan Melimpah



Cara menentukan harga jual bagi para pemilik bisnis sangatlah krusial. Apalagi dalam strategi harga produk online, diperlukan beberapa perhitungan yang berbeda dengan offline.


Hal itu dikarenakan penentuan harga jual akan berpengaruh pada hampir setiap aspek bisnis Anda. Misalnya, kas masuk dan keluar, keuntungan, operasional, dll.


Nah, jika Anda memiliki toko online atau baru terjun ke dunia toko online, maka Anda berada di artikel yang tepat.


Di sini Anda akan belajar cara menentukan harga jual online dengan beberapa strategi jitu agar cuan lebih maksimal. Mari disimak.

3 Hal Penting untuk Menentukan Harga Jual Produk

Sebelum masuk ke cara menentukan harga jual, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  • Biaya variabel;
  • Margin profit;
  • Biaya tetap.

Ketiganya akan digunakan dalam strategi menentukan harga jual produk. Jadi, mari kita tentukan ketiga hal tersebut dulu yuk.


1. Biaya Variabel

Biaya variabel adalah biaya yang dapat berubah-ubah tergantung jumlah produksi. Semakin banyak produk yang dibuat, semakin besar juga biaya variabel yang dikeluarkan.


Sebelum masuk ke cara menentukan harga jual sebuah produk, Anda perlu menghitung biaya variabel sebagai acuan modal Anda. 


Bagi Anda yang menjual produk dari produsen lain, Anda dapat menghitung total modal. Seperti, modal untuk pembelian produk, biaya transportasi atau pengiriman, dll.


Namun, jika Anda memproduksi sendiri, maka perhitungan akan jauh lebih kompleks. Misalnya beberapa hal berikut yang dikategorikan sebagai biaya variabel:


  • Biaya bahan baku. Hal ini sesuai dengan kebutuhan produksi Anda. Misalnya, membuat pakaian membutuhkan kain, benang, jarum, dll;
  • Biaya tenaga kerja. Seluruh tenaga kerja yang terlibat, termasuk upah untuk lembur jika diperlukan;
  • Biaya peralatan produksi. Seperti oli mesin produksi, listrik, air, dll;
  • Komisi atau insentif. Biasanya diperuntukan bagi salesman agar lebih meningkatkan penjualan.


Lebih baru Lebih lama