Jenis-Jenis Konstruksi di Industri Infrastruktur Indonesia



Perkembangan infrastruktur yang ada di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun.  Dengan semangat Indonesia untuk menjadi negara maju, sejumlah inovasi pun dilakukan untuk meningkatkan sektor infrastruktur. Jenis-jenis konstruksi di industri infrastruktur pun mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang setiap tahunnya.

Pengertian Konstruksi

Dalam konteks sebuah proyek, konstruksi dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membangun suatu sarana atau prasarana, seperti bangunan, jalan raya, jembatan, dan lain sebagainya.

Sebuah proyek konstruksi memerlukan berbagai sumber daya yang perlu dikelola dengan baik seperti manusia (SDM), material bangunan, peralatan, rancangan metode pelaksanaan, dana, dan waktu. Pertimbangan yang matang diperlukan agar proyek konstruksi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Jenis-Jenis Konstruksi

Konstruksi adalah istilah yang umum digunakan untuk berbagai jenis pembangunan sarana dan prasarana. Namun, secara garis besar konstruksi terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

1. Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi gedung biasanya melibatkan arsitek maupun insinyur sipil dan menekankan pada aspek arsitektural. Gedung yang dibangun beragam mulai dari gedung untuk kepentingan bisnis, kesehatan, pemerintahan, rekreasi dan lain sebagainya.

2. Konstruksi Jalan

Jenis konstruksi jalan umumnya dilakukan atas permintaan departemen pekerjaan umum atau proyek pemerintah. Proses pengerjaannya meliputi pengukuran, penggalian, dan pengerasan jalan. Jenis konstruksi ini juga mencakup hal-hal lain yang mendukung infrastruktur suatu jalan seperti konstruksi jembatan dan struktur drainase.

3. Konstruksi Bangunan Air

Proyek yang termasuk dalam jenis konstruksi ini antara lain proyek besar negara yang dipakai untuk kepentingan bersama seperti waduk, bendungan, pemasangan pipa, dan lain sebagainya. Meskipun secara umum  konstruksi ini mendapatkan pendanaan dari pemerintah, namun tak jarang juga proyek semacam ini dibiayai oleh pihak swasta. 

 

Jasa Konstruksi PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM)

PT Anggaza Widya Ridhamulia (AWRM) adalah perusahaan konstruksi yang telah berdiri sejak tahun 2007. Selama bertahun-tahun AWRM telah dipercaya menjalankan berbagai proyek pemerintah, swasta, maupun perorangan. Banyaknya proyek yang telah diselesaikan, membuat AWRM menjadi salah satu kontraktor yang dapat dipercaya, profesional, dan berpengalaman di Indonesia.

Lebih baru Lebih lama