Cara Mendekorasi Ruang Kerja di Rumah agar Enak Seperti di Kantor


Ruang kerja adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat Anda bekerja. Ruangan ini berperan penting dalam mendukung Anda selama bekerja. Untuk membangun ruang kerja di rumah, Anda dapat memakai salah satu sudut rumah, ruangan yang terpisah dari bangunan utama, ataupun ruangan kosong dengan kondisi yang paling tenang dibandingkan ruangan-ruangan yang lainnya. Pemakaian furnitur, aksesoris, dan pengaturan tata letak ruangan bisa menciptakan energi positif yang sanggup memicu daya kerja dan semangat, serta memacu tingkat produktifitas Anda dalam bekerja di rumah.

Sesuai dengan himbauan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah terlebih dahulu, maka Anda pun membutuhkan sebuah ruangan yang ideal sebagai tempat untuk bekerja. Sebab bagaimana pun Anda tak akan bisa bekerja secara maksimal di tengah-tengah hiruk pikuk anggota keluarga yang lainnya, kan? Maka dari itu, Anda mesti menyiapkan ruangan khusus sebagai ruang kerja. Kalau Anda sudah berhasil mendapatkannya, barulah kemudian Anda bisa mulai menata ruangan tersebut agar suasananya terasa nyaman dan mampu mendukung pekerjaan Anda dengan optimal.

Desain Ruangan Sesuai Profesi Anda

Adapun aspek yang paling penting untuk diperhatikan saat menata ruang kerja adalah suasana di dalam ruangan tersebut. Penciptaan suasana ruang yang tepat perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda sekarang. Apakah Anda adalah seorang seniman, arsitek, akuntan, penulis, manajer bisnis, atau apapun itu? Misalnya Anda merupakan seorang seniman, maka suasana ruang kerja di dalamnya pun harus bisa mendukung pekerjaan Anda, terutama dalam melahirkan imajinasi serta kreatifitas yang tinggi. Begitu pula jika Anda berprofesi sebagai akuntan, sediakan lemari besar untuk menyimpan semua berkas.




Utamakan Memilih Furnitur Multifungsi

Ruang kerja di rumah pun membutuhkan furnitur yang mumpuni. Keberadaan furnitur-furnitur tersebut diharapkan bisa mendukung pekerjaan Anda, terutama kenyamanan Anda selama bekerja. Oleh karena itu, Anda harus memilih furnitur dengan tepat. Kami rekomendasikan ke Anda untuk berfokus pada furnitur-furnitur yang bersifat multifungsi. Maksudnya adalah furnitur tersebut mempunyai kegunaan lebih dari satu macam. Disarankan pula memilih furnitur yang tidak hanya membuat Anda betah selama di ruangan ini, tetapi juga mampu menurunkan risiko kejenuhan dan mengatasi ketegangan mata.




Warna Cat Dinding yang Paling Tepat

Lukiskan cat dinding berwarna cerah dan segar pada dinding. Misalnya yaitu kuning yang mampu meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Jika Anda menginginkan suasana kerja yang penuh ketenangan, pertimbangkanlah menggunakan warna hijau pucat. Warna ini mampu meringankan pikiran Anda tanpa membuat Anda merasa terlalu santai sehingga menyebabkan produktivitas menurun. Selain itu, ruangan kerja setidaknya juga harus memiliki sebuah jendela agar sinar matahari dan udara segar bisa memasuki ruangan dengan leluasa. Hal ini akan membuat pikiran Anda tetap merasa fresh.




Manfaatkan Semua Bidang yang Ada

Untuk menjaga keseimbangan tata letak di dalam ruang, pastikan ruangan masih memiliki sisa ruang yang cukup longgar setelah diisi dengan meja, komputer dan beberapa perangkat elektronik lainnya, materi pekerjaan, serta kursi duduk Anda. Jika ruang kerja berukuran kecil tetapi Anda membutuhkan tempat penyimpanan dalam jumlah yang banyak, Anda bisa memanfaatkan ruang vertikal dinding dengan memasang rak-rak menggantung atau meletakkan rak buku yang tinggi. Atur masing-masing item ke dalam satu kelompok agar rapi dan mudah ditemukan. Hindari menumpuk pekerjaan di atas meja dan lantai.




Siapkan Pula Area untuk Bersantai

Di dalam mendesain ruangan kerja, pastikan ruangan Anda terlihat menarik dan nyaman. Jika masih ada ruang yang tersisa, Anda bisa menambahkan sofa sebagai tempat istirahat. Bagaimana pun Anda juga butuh istirahat bukan? Hiasi sudut ruangan tempat bersantai ini dengan gambar dan benda-benda yang bisa meningkatkan semangat kerja Anda. Entah itu foto keluarga, buku, kalender pengingat waktu, memo, ataupun kutipan-kutipan dari tokoh ternama. Pastikan ruang kerja memiliki fokus utama yang menarik agar Anda terhindar dari melamun. Dengan begini, ruangan kerja Anda sudah siap digunakan.



Lebih baru Lebih lama