Cara Menghitung Persen dengan Rumus, Kalkulator, Excell, Spreadsheets


Pengertian Persen

Persen adalah bentuk bilangan yang mewakili sebagian atau keseluruhan sebuah nilai atau barang dengan membentuk rasio per seratus. Nilai tertinggi persen adalah tidak terhingga sedangkan nilai terendahnya adalah 0%, tidak ada nilai minus di jenis bilangan ini.

Bilangan persen ini berawal dari adanya pemungutan pajak lelang pada zaman romawi kuno dengan menggunakan fraksi 1/100 dari nilai lelangnya atau dalam bahasa latin disebut dengan istilah centesima rerum venalium.

Di zaman komputasi modern, fraksi 1/100 ini sangat mirip dengan perhitungan metode persen untuk mencari bagian dari sebuah populasi (nilai keseluruhan). Simbol persen yang digunakan pun mengalami dari generasi ke generasi, awalnya digunakan kata latin percento untuk menerjemahkan bahasa ini.

Di generasi berikutnya kata percento diubah menjadi 2 simbol, yaitu (1) kata per diubah menjadi tanda cetak miring (/) sedangkan (2) kata cento diubah menjadi 00 hingga pada akhirnya saat ini kita mengenal simbol %.

Pada dasarnya persen merupakan salah satu dari perhitungan atau materi matematika, banyak yang masih kesulitan untuk berlajar serta memahami materi tersebut entah persen atau materi matematika lain.

Buku Magic Math 100 – Pecahan, Desimal, dan Persen Oleh Tim Magic math100 bisa membantu kamu dalam latihan serta memahami materi tersebut. Tertarik? buku tersebut bisa kamu beli hanya dengan klik “Beli Buku” di bawah ini.

Cara Menghitung Persen Dengan Rumus Secara Umum

Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%

Rumus di atas adalah rumus persen secara umum. Jadi misalnya, ada 50 orang dalam satu kelas. Terdapat 5 orang yang tidak lulus. Berapa persen orang yang tidak lulus?

Maka kita bisa menghitungnya dengan membagi 5 dengan 50, kemudian dikali dengan 100%. Sehingga di dapat 5/50 x 100% = 10%.

Mudah bukan? Ketika ingin mengetahui persentase yang lulus tinggal dikurangi saja. 50 – 5 = 45 orang. Maka 45 / 50 x 100% = 90%.

Kemudian jika ingin kebalikannya, menghitung angkanya maka caranya adalah :

10% nya dari 50 adalah..

10/100 x 50 = 5

Ngga percaya, coba dihitung pakai kalkulator. Berikut ini caranya !

Cara Menghitung Persen di Kalkulator




1. Mengetahui Berapa Persen

Untuk menghitung menggunakan kalkulator sebenarnya cukup mudah, prinsipnya pun sama dengan yang di atas. Untung mengetahui berapa persen dari jumlah tertentu bisa dengan cara dibawah ini.

Misal, 20 itu berapa persen dari 80 Maka caranya adalah :

  1. Langkah pertama adalah kamu harus tulis angka 20
  2. Langkah kedua, kamu bagi dengan angka 80
  3. Langkah ketiga, kamu kalikan dengan angka 100
  4. Kamu tekan lambang sama dengan (=)

2. Menghitung Jumlah dari Persen

Sedikit berbeda dengan yang nomor satu, karena cara yang kedua ini kita akan memanfaatkan fitur persen dalam kalkulator. Misal ada soal begini : Hitung 25% dari 80.

Maka di kalkulator cara menghitungnya adalah :

Kamu harus mengetik angka 25 terlebih dahulu.
Kemudian, kamu klik lambang atau simbol % yang ada di kalkulator.
Setelah muncul hasilnya, barulah kamu kalikan dengan angka 80.
Langkah terakhir adalah dengan klik sama dengan (=)
Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP
Dewasa ini, untuk menghitung persen bukan hanya bisa dilakukan di kalkulator konvensional saja, tetapi sudah bisa dilakukan di kalkulator HP. Lalu, gimana sih, cara menghitung kalkulator di HP?

Supaya lebih mudah kita akan menggunakan persenan diskon pada suatu toko. Di sebuah toko ada baju yang sedang diskon sebesar 20%. Kemudian harga awal baju itu 300 ribu rupiah, jadi berapa harga baju setelah mendapatkan diskon?

1. Buka aplikasi kalkulator yang ada di HP kamu, biasanya di setiap HP sudah ada aplikasi kalkulator bawaan.

2. Besaran persen ini bisa kamu langsung tulis, misalnya 20%, maka kamu hanya mengetik angka 20 kemudian ketika lambang persen. 


3. Kemudian, harga jual baju, kamu kalikan dengan hasil besaran persen tadi, contoh 300.000 x 0.2. Dari hasil itu akan ditemukan besaran persen diskon baju.



4. Langkah terakhir adalah melakukan pengurangan terhadap harga jual baju dengan besaran diskok, 300.000 – 60.000.


Jadi, harga baju yang dujual setelah mendapatkan diskon adalah Rp 240.000.

Cara Menghitung Persen di Google Sheets dan Excell



Untuk menghitung persen di excell atau spreadsheet caranya juga cukup mudah. Cukup langkah-langkah berikut ini.

1. Untuk mengetahui jumlah

Misal, sebesar 10% dari kolom B. Maka rumusnya :

=20%*B1

B1 adalah kolom yang akan dihitung.

2. Untuk mengetahui besar persen

Misal, 20 itu berapa persennya dari 50. Maka rumusnya adalah :

=20/50

Kemudian klik simbol % di menu bar.



Lebih baru Lebih lama