Pengertian atau Defenisi Manajemen

 

Apa Pengertian Manajemen Proyek



Pengertian manajemen, menurut Sidharta Kamarwan, dapat dilihat dari beberapa sudut pandang diantaranya, yaitu :

- Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan adalah bersifat interdisipliner yang dalam hal ini mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat, dan matematika.

- Manajemen sebagai suatu sistem adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menungu selesaianya kegiatan lain, walaupun kegiatan-kegiatan tersebut saling terkait untuk mencapai tujuan organisasi.

- Manajemen sebagai suatu proses adalah serangkaian tahapan kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.



- Manajemen sebagai kumpulan orang adalah suatu istilah yang dipakai dala arti kolektif untuk menunjukan jabatan kepemimpinan didalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan menengah, dan kelompok pimpinan bawah.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah kemapuan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan sekelompok orang. untuk itu tujuan perlu ditetapkan terlebih dahulu, sebelum melibatkan sekelompok orang yang mempunyai kemampuan atau keahlian dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. dengan kata lain, manajemen berfungsi untuk melaksanakan semua kegiatan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan dengan batas-batas tertentu.

Berikut ini adalah kumpulan defenisi dari beberapa ahli manajeman :

 

- Kooentz & Donnel

Menurut mereka bahwa manajeman menghubungkan pencapaian sesuatu melalui atau dengan orang-rang. dalam hal ini arti manajemen dititikberatkan pada usaha pemanfaatan orang-orang untuk mencapai tujuan. agar tujuan dapat tercapai, maka orang-orang tersebut harus mempunyai tugas, tanggungjawab dan wewenang yang jelas.

- Peterson & Plowman

Menurut mereka bahwa manajemen yaitu suatu Teknik/cara, dengan teknik/cara tersebut, maksuda dan tujuan dari sekelompok manusia tertentu dapat ditetapkan, diklasifikasikan, dan dilaksanakan. manajemen dalam pengertian ini menekankan kepada teknik/cara tertentu dalam rangka usaha pencapaian suatu tujuan.

Pengertian Manajemen

- John F Mee

Menurutnya Manajemen adalah suatu seni keahlian untuk memperoleh hasil maksimal dengan usaha minimal dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan baik bagi pemimpin maupun bagi para pekerja, serta memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada msyarakat. pengertian manajemen dalam defenisi ini telah dimasukan tinjauan dari segi ekonomis, dalam rangka memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat/

- Kimball dan Kimball Jr

Menurut kedua ahli ini bahwa manajemen mencakup semua tudas dan fungsi yang berkaitan dengan pembentukan perusahan termasuk pembiayaan dan penetapan pokok-pokok kebijaksanaan,perlengkapan semua peralatan serta pemilihan pejabat teras/inti. manajemen dalam arti ini dihubungkan dengan proses pembentukan sebuah perusahan secara menyeluruh.

- Terry

Menurutnya bahwa Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actualiting), Pengawasan (Controling) yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan seni untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam defenisi ini, arti manajemen mencakup urutan kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu

Defenisi Manajemen

- Stoner

Menurut Stoner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi lainnya, agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

- Follet

Follet berpendapat bahwa manajeman adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

- Siregar Dkk

Menurut Siregar Dkk bahwa manajemen adalah proses untuk memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan tertentu.

- Fayol

Fayol berpendapat bahwa manajemen adalah fungsi untuk merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.

Dari beberapa defenisi tersebut terlihat bawah manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu metode atau proses untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, yang ditungkan dalam fungsi-fungsi perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), dan Pengendalian (controling)

Demikianlah Defenisi tentang Manajemen, semoga bermanfaat dan membantu bagi anda yang mencari infromasi tentang pengertian Manajemen.
Lebih baru Lebih lama