Macam macam jabatan karyawan kontraktor

Disini kita uraikan macam-macam jabatan karyawan yang ada pada perusahaan kontraktor sehingga kita dapat membayangkan seperti apakah pekerjaan yang akan kita jalani nantinya apabila bergabung dengan PT Kontraktor entah itu BUMN maupun swasta. masing-masing jabatan mempunyai tanggung jawab serta keahlian yang berbeda. berikut ini macam-macam personil proyek khususnya karyawan kontraktor yang mengerjakan proyek skala besar, karena untuk proyek kecil dapat dihilangkan atau dirangkap beberapa tugas yang ada.

Manajer proyek
Sebagai pimpinan tertinggi yang ditugaskan oleh kontraktor untuk memimpin jalanya suatu proyek. melakukan rapat-rapat dengan pemilik proyek, konsultan pengawas, konsultan perencana, dan rapat intern karyawan kontraktor sehingga kegiatan pelaksanaan pembangunan dapat selesai dengan cepat, murah serta kualitas bagus.
Manajer teknik/ Manajer engineering
Bertanggung jawab pada pekerjaan yang berhubungan dengan teknik seperti pembuatan gambar shop drawing, pembuatan kontrak mandor, pengendalian biaya dll. manajer teknik ini dibantu oleh beberapa staff sesuai dengan spesialisasi masing-masing yaitu
  1. Logistik proyek
  2. Pengendalian proyek
  3. Drafter
  4. Quantity surveyor
  5. Quality Qontrol

Manajer lapangan / Manajer Operasional
Bertugas mengatur jalanya pelaksanaan pembangunan dilapangan. manajer operasional dibantu para staff yaitu
  1. Kepala pelaksana
  2. Pelaksana lapangan.
  3. Pengukuran / Surveyor
  4. Peralatan proyek / Equipment.

Manajer Administrasi
Bertugas mengatur keuangan proyek seperti membuat gaji karyawan maupun mandor serta membuat tagihan pembayaran kepada pemilik proyek sehingga kegiatan pembangunan dapat berjalan lancar. manajer administrasi dibantu oleh staff sebagai berikut
  1. Akutansi
  2. Administrasi umum / SDM
  3. Office boy

K3 Keselamatan kesehatan dan kebersihan
Bertanggung jawab mencegah dan mengatasi kecelakaan proyek serta menjaga kebersihan lokasi pekerjaan.Melakukan pengerahan kepada pekerja dan karyawan kontraktor untuk mengingatkan dan memberitahu arti penting menjaga keselamatan kerja.

Satpam/ Security proyek
Bertugas menjaga keamanan proyek, menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat setempat, kepolisian maupun preman sehingga kegiatan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Semua personil proyek tersebut perlu saling tolong menolong dan koreksi dalam pelaksanaan pembangunan sehingga dapat terwujud bangunan bagus yang sudah direncanakan sebelumnya. mengenai detail tanggung jawab masing-masing personil akan lebih baik jika kita uraikan satu persatu dalam bentuk artikel sehingga makin jelas uraian tentang macam-macam jabatan karyawan kontraktor proyek bangunan ini.
Lebih baru Lebih lama